Breaking News
Home / Berita / 5 PONPES di Bireuen terima Piagam Ijin Operasional ( IJOP ) dan SK NSPP Pondok Pesantren

5 PONPES di Bireuen terima Piagam Ijin Operasional ( IJOP ) dan SK NSPP Pondok Pesantren

Bireuen( Inmas / ilham ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen menyerahkan 5 (lima) buah Piagam Izin Operasional (IJOP) Pondok Pesantren, Selasa(15/09).

Penyerahan dilakukan Kepala Kantor Kemenag Bireuen, Drs. H. Zulkifli Idris, M.Pd dan di dampingi Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) H. Sulaimannur,S.Ag , diserahkan piagam untuk pondok pesantren :

  1. YPI Madinatuddiniyah Madinatussalam, Gampong Paya, Kec. Peudada Kab.Bireuen
  2. Dayah Terpadu Az Zanzabil, Gampong Buket Teukuh, Kec.Kota Juang Kab. Bireuen
  3. Raudhatul Mubarakah Al-Idrisiyah,Gampong Meunasah Puuk, Kec. Samalanga Kab. Bireuen
  4. Dayah Madinatuddiniyah Raudhatul Mubaarakah Al-Munawwarah, Gampong Krueng Juli Barat Kec Kuala Kab. Bireuen
  5. Syamsul Maarif Al Ahmad, Gampong Tanjong Bungong, Kec Gandapura Kab. Bireuen

Di Tempat yang sama, Kasi PAKIS, H. Sulaimannur, S. Ag Mengharapkan Ponpes dapat semakin bebas bergerak dan tidak perlu merasa was-was oleh pernyataan dari wali santri terkait status Ponpes karena sudah memiliki Izin Operasional. Ia berpesan Nomor Statistik Izin Operasional tersebut dapat di catumkan kedalam spanduk dan Baliho Ponpes agar dapat mudah dibaca oleh orang lain terutama calon siswa.

“Diharapkan kepada pondok pesantren yang telah menerima piagam IJOP dan Surat Keputusan NSPP untuk aktif mengentry data kelembagaan, sarana prasarana serta biodata pengajar dan santri anak didik pada Aplikasi EMIS Pesantren” , tambahnya.

Kankemenag Bireuen Drs. H. Zulkifli Idris, M.Pd dalam sambutannya, Piagam ini terbit setelah melalui berbagai proses. alur atau prosedur yang harus ditempuh oleh Pondok Pesantren. di awali dengan registrasi atau pendaftaran online dan upload dokumen persyaratan. Selanjutnya tim dari Kemenag Kab. Bireuen akan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen yang telah diupload kemudian visitasi lapangan dan upload hasil visitasi

“Seandainya sudah disetujui maka Kemenag Kab. Bireuen akan mengupload surat rekomendasi. Setelah mendapat persetujuan dari pihak Provinsi maka akan diterbitkan pula rekomendasi dari Kanwil Kemenag Provinsi Aceh”. imbuhnya.

Prose selanjutnya ada di Kemenag Pusat tepatnya di Direktorat Pendidikan Islam, disinilah dokumen diverifikasi. dan setelah dinyatakan lolos maka Direktorat Pendidikan Islam Diniyah dan Pondok Pesantren akan menertibkan piagam Statistik Pondok Pesantren dan Surat Keputusan. Proses berakhir di Seksi PAKIS yang mencetak dan menerbitkan piagam ijin operasional (IJOP).

Pimpinan Dayah Syamsul Maarif Al Ahmad,Gampong Tanjong Bungong, Kecamatan Gandapura, tengku Syeh Boihaki Syeh Ahmad mewakili dari Dayah Penerima Piagam Ijin Operasional Mengucapkan terima kasih atas bantuan khususnya jajaran PAKIS yang telah mendampingi dayah dalam pengisian data secara online, sehingga data tersebut bisa diupload ke Aplikasi EMIS Pesantren. ujarnya

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

FKUB Bireuen Gelar Dialog Antar Umat Beragama

Bireuen (Inmas Bireuen/Farizal)— Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) kabupaten Bireuen menggelar dialog antar umat beragama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *