Breaking News
Home / Berita / Peringatan HSN: Ikrar Santri untuk Negeri

Peringatan HSN: Ikrar Santri untuk Negeri

Bireuen (Farizal/Inmas Bireuen)— Upacara bendera yang menjadi acara puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-6 tahun 2020 tingkat provinsi Aceh, dipusatkan di halaman kantor pusat pemerintahan Kabupaten Bireuen, Kamis (22/10/2020).

Kegiatan yang diikuti ratusan perwakilan santri dari beberapa pondok pesantren (dayah) yang ada di Kabupaten Bireuen, mulai berlangsung pukul 09.00 – 10.00 WIB.

Amatan media ini, peserta dan undangan tampak khidmat mengikuti setiap prosesi upacara. Lebih-lebih pada saat pembacaan ikrar santri oleh Irfal Maulana, santri Dayah Almadinatuddiniah Babussalam, Blang Bladeh – Bireuen.

Berikut lima poin ikrar santri Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI) untuk negeri sebagaimana dibacakan Irfan, yang diikuti peserta upacara.

Pertama, sebagai santri NKRI, berpegang teguh pada aqidah, ajaran, nilai, dan tradisi Islam Ahlussunnah wal Jama’ah.

Kedua, sebagai santri NKRI, bertanah air satu tanah air Indonesia, berideologi negara satu ideologi Pancasila, berkonstitusi satu Undang Undang Dasar 1945, berkebudayaan satu kebudayaan Bhineka Tunggal Ika.

Ketiga, sebagai santri NKRI, selalu bersedia dan siap siaga, menyerahkan jiwa dan raga, membela tanah air dan bangsa Indonesia, mempertahankan persatuan dan kesatuan nasional serta mewujudkan perdamaian dunia.
Keempat, sebagai santri NKRI, ikut berperan aktif dalam pembangụnan nasional, mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan, lahir dan batin, untuk seluruh rakyat Indonesia.

Kelima, sebagai santri NKRI, pantang menyerah, pantang putus asa, serta siap berdiri di depan melawan pihak-pihak yang akan merongrong Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal ika, serta konstitusi dasar lainnya yang bertentangan dengan semangat proklamasi kemerdekaan dan resolusi jihad nahdlatul ulama.

Usai pembacaan ikrar santri, inspektur upacara yang juga Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani MSi membacakan deklarasi Bireuen Kota Santri.

Dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama RI tentang Izin Operasional Ma’had Aly, dan penyerahan penghargaan kepada tiga Dayah berprestasi.

Turut hadir Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg; Kepala Dinas Dayah, H Usamah El Madny SAg MM; forkopimda Bireuen, pimpinan dayah, ulama, para kepala SKPK Bireuen; dan undangan dari berbagai organisasi kepemudaan dan profesi.

Bertindak selaku komandan upacara, Firmandi, santri Dayah Al Zahrah, Juli-Bireuen; dan pembacaan selawat oleh grup santri pondok pesantren Ummul Qura, Peusangan – Bireuen.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Sosialisasi Lomba Video Pembelajaran, Kemenag Bireuen Pacu Kreativitas dan Inovasi Guru Madrasah/RA

Bireuen ( Inmas-Bangkit Budi) — Era New Normal secara tidak langsung mempercepat perubahan dalam sistem …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *