Breaking News
Home / Berita / Kankemenag Bireuen berharap Guru PAI Tingkatkan Kemampuan

Kankemenag Bireuen berharap Guru PAI Tingkatkan Kemampuan

Bireuen_Inmas, ( ilham )  Kegiatan Program Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan  ini dilaksanakan di Aula Kankemenag Bireuen selama 1 (satu) hari penuh ( 24 / 11 ).  Peserta workshop berjumlah 30 (tiga puluh)  orang terdiri dari Guru Paud TK 25 orang, Pengawas PAI 5 orang Se  kabupaten Bireuen,
Sambutan Kepala Kantor Wilayah Provinsi Aceh yang di wakili oleh  Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam, H. Muntasyir, S.Ag., M.A mengatakan  kegiatan  Pembinaan Program Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan ( PPKB ) ini untuk meningkatkan karir maupun kemampuan  bagi guru PAI dari Guru PAUD TK dengan Pengawas PAI. Sebagai guru profesional  harus memiliki kompetensi akademik, pedagogik, kepribadian dan sosial . Apabila semua ini telah dimiliki maka barulah dapat dikatakan sebagai guru profesional yang kemudian dapat memiliki sertifikat profesi guru.
Guru profesional harus memiliki sertifikat profesi guru. Tunjangan profesi merupakan penghargaan terhadap seorang guru yang sudah profesional, namun tidak semua guru yang memiliki sertifikat profesi itu benar-benar profesional didalam melaksanakan tugas.  Adanya istilah Program Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan ( PPKB ) ini dalam rangka agar guru yang di bawah standar dapat untuk meningkatkan karir maupun kemampuannya.

Dalam PPKB ini maka seorang guru harus didasari atas PPKB, dan untuk mengevaluasi diri  seorang guru bisa menjadi profesional maka guru mengevaluasi diri kemudian ditindak lanjuti dalam bentuk PPKB. Diharapkan apa yang  diperoleh oleh para peserta dari nara sumber dalam workshop PKB itu dapat disampaikan kepada para  guru di tempat tugas masing-masing.

Kepala Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Bireuen . Drs. H. Zulkifli Idris, M.Pd membuka secara resmi kegiatan  PPKB.  Dalam arahannya menyampaikan bahwa guru PAI di sekolah umum diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya untuk membangun moral dan etika terhadap anak didik dari jenjang TK.

Zulkifli  menekankan kepada guru PAI di sekolah umum agar benar-benar memberikan bekal ilmu agama kepada anak didik sehingga bisa melekat di dalam  mental dan jiwa anak didik. Selain itu beliau mengajak kepada para guru PAI untuk berpikir bersama-sama agar kedepannya bisa membangun  sikap mental anak didik yang  bernuansa agamais.

Selanjutnya dikatakan pula agar meningkatkan mutu pendidikan agama islam di tempat tugas masing-masing, serta menyamakan pemahaman tentang konsep dan kelola pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru PAI dari tingkat pusat sampai ke daerah.  Tidak ada yang berbeda dalam membangun dan meningkatkan proses belajar karena semua sesuai dengan kurikulum yang ada.

Lebih lanjut dikatakan para guru PAI dapat menggali bahan ajar melalui internet atau cara-cara baru untuk bisa menemukan bahan ajar sehingga anak didik bisa berkembang pengetahuannya sesuai dengan perkembangan jaman di tahun  ini.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Rapat Awal Tahun, Kakankemenag Bireuen Serahkan DIPA 2021

Bireuen (Farizal)—Mengawali tahun baru 2021, Kepala Kankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd menyerahkan Daftar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *