Breaking News
Home / Berita / Siswa MAN 1 Bireuen Ikuti Bimbingan Pranikah

Siswa MAN 1 Bireuen Ikuti Bimbingan Pranikah

Bireuen (Farizal)— Seratusan lebih siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bireuen di Samalanga, Selasa (1/12/2020) mengikuti kegiatan bimbingan pranikah bagi remaja usia sekolah. 

Acara yang mengangkat tema “menghadirkan generasi mengerti dan memahami nilai perkawinan,” dilaksanakan seksi bimbingan masyarakat Islam (bimas) kankemenag Bireuen, selama satu hari dan berlangsung di madrasah tersebut.

Panitia pelaksana, Ikhsan kepada media ini mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada remaja, khususnya remaja usia sekolah akan pentingnya persiapan lahir dan batin sebelum menuju jenjang pernikahan.

Kegiatan ini juga merupakan upaya peningkatan kapasitas dan kualitas mental generasi muda sebagai bekal membangun rumah tangga yang kokoh, menekan angka pernikahan dini (pernikahan di bawah umur-red) sekaligus untuk meminimalkan angka perceraian, lanjutnya.

Ikhsan menambahkan, peserta akan dibahani dengan beberapa materi di antaranya tentang kebijakan implementasi pndang-undang perkawinan; bagaimana mencari dan menentukan jodoh dalam pandangan Islam; menentukan waktu yang tepat melangsungkan pernikahan; dan bagaimana memelihara akhlah yang mulia dalam rumah tangga.

Adapun nara sumber yang dihadirkan di antaranya kasi Bimas Islam kankemenag Bireuen, Drs Abdullah; kepala KUA kecamatan Samalanga, Zulfitri SKomI.

Abdullah dalam bimbingannya menyampaikan pentingnya pembinaan dan arahan tentang pranikah bagi remaja usia sekolah menengah atas khususnya karena secara usia, mereka akan memasuki usia minimal untuk melangsungkan pernikahan setelah menamatkan sekolah.

Dalam UU nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan, sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas UU nomor 1 tahun 1974 itu, menyatakan batas usia minimal bagi calon pengantin adalah 19 tahun, ungkap Abdullah.

“Karena suatu ikatan pernikahan membutuhkan kesiapan dan kematangan mental/ jiwa – raga, dan merupakan ibadah, maka jangan sampai ada sesuatu apapun yang dapat merusak dan membinasakannya,” ungkap Abdullah.

Ia mengajak peserta untuk terus belajar dan menempa diri dengan berbagai pengetahuan agama dan mempraktekkah kebaikan serta akhlak terpuji lainnya dalah kehidupan sehari-hari.

“Setiap kebaikan yang akan dibina bersama nanti dalah kehidupan berumah tangga akan menuai kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat nanti, yang pada gilirannya menjadikan sebuah keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah,” tambah Abdullah dalam bimbingannya.

Sementara itu kepala MAN 1 Bireuen, Drs M Gade SPd kepada media ini usai kegiatan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada panitia yang telah memilih siswa madrasah yang dipimpinnya untuk mengikuti bimbingan tersebut.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Rapat Awal Tahun, Kakankemenag Bireuen Serahkan DIPA 2021

Bireuen (Farizal)—Mengawali tahun baru 2021, Kepala Kankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd menyerahkan Daftar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *