Home / Berita / Kakankemenag Bireuen Buka Rakor RKA SK Tahun 2022

Kakankemenag Bireuen Buka Rakor RKA SK Tahun 2022

Bireuen (Farizal)—Kepala Kankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd, Rabu (3/3/2021) membuka secara resmi kegiatan rapat koordinasi penyusunan Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja (RKA-SK) di lingkungan Kankemang Bireuen tahun anggaran 2022.

Kegiatan yang diikuti 50 peserta yang merupakan perwakilan dari kankemenag Bireuen, utusan satker MTsN dan MAN di lingkunag Kankemenag Bireuen, berlangsung 3-4 Maret 2021, di ruang meeting room Gading Coffee Shop, Bireuen.

Zulkifli di awal arahanya menyampaikan bahwa salah satu bagian reformasi birokrasi adalah bagian perencanaan dan penganggaran yang berorientasi kepada perencanaa program, bukan pemerataan program.

Orientasi selanjutnya, lanjut Zulkifli adalah pada progres atau hasil, Anggaran Berbasis Kinerja (ABK), yang pelaksanaannya memenuhi kriteria efektif, efesien dan ekonomis.

Menurutnya, penyusunan program dan anggaran nantinya harus betul-betul berdasarkan kebutuhan dengan landasan data yang valid.

“Untuk merencanakan program berdasarkan kebutuhan, tentunya data menjadi penting. Perencanaan tanpa data, akan menelan biaya yang lebih besar, pungkasnya.”

Sementara itu ketua panitia, Iskandar SHI dalam laporannya menyampaikan bahwa RKA-SK merupakan langkah awal dalam merencanakan dan mensinkronkan program kerja Kankemenag Bireuen tahun 2022 nanti.

Adapun tujuan kegiatan menurutnya adalah utnuk menyamakan persepsi, pemahaman, dan sinkronisasi penyusunan program kerja dan penyusunan anggaran pada masing-masing satuan kerja di lingkungan Kankemenag Bireuen.

Selanjutnya untuk memahami tata cara penyusunan anggaran melalui aplikasi perencanaan yang ada sebagai bahan rencana kerja dan anggaran untuk tahun 2022 yang akan diusulkan ke tingkat provinsi.

Iskandar menambahkan, narasumber yang akan hadir di antarnya kepala Kankemenag Bireuen, pejabat fungsional perencana kankemenag Bireuen, dan pejabat fungsional perencana dari kanwil Kemenag Aceh, Hasma Diana SSi.

“Kami sangat mengharapkan kegiatan ini berlangsung serius dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan,” pinta Iskandar, yang juga kasubbag TU kankemenag Bireuen.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Kepala Kantor Kemenag Bireuen Hadiri Buka Puasa Bersama Guru MIN 50 Bireuen

Kepala kantor Kemenag Bireuen Akly SAg MH menghadiri undangan buka puasa bersama guru MIN 50 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *