Breaking News
Home / Berita / Kankemenag Bireuen Buka Asemen Kepala Madrasah

Kankemenag Bireuen Buka Asemen Kepala Madrasah

Bireuen (Farizal)— Sebanyak 103 guru madrasah jenjang MI, MTs dan MA di lingkungan Kankemenag Bireuen, Kamis (29/4/2021) mengikuti ujian berbasis Computer Best Test (CBT) yang dipusatkan di Kampus Timur, Universitas Almuslim (Umuslim), Bireuen.

Ketua panitia pelaksana asesmen, Anis SAg dalam laporannya saat pembukaan acara secara resmi di aula MA Jangka-Umuslim menyampaikan bahwa asesmen kepala madrasah merupakan kebutuhan yang harus dilaksankan, bukan atas dasar keinginan.

“Makanya hari ini atas izin Allah bapak-ibu akan mengikuti rangkaian kegiatan asesmen ini yang sebentar lagi akan dibuka secara resmi oleh bapak kakankemenag,” kata Anis.

Untuk proses pelaksanaan ujian CBT, pihaknya bekerjasama dengan kampus Umuslim sebagai penyedia tempat/ ruang kelas yang biasanya digunakan oleh mahasiswa perguruan tinggi tersebut.

Anis berharap, melalui kegiatan ini bisa menghasilkan informasi yang cukup dan valid terkait kompetensi calon kepala madrasah sehingga dapat mengembangkan pendidikan madrasah dengan lebih baik lagi.

Kepala kankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd di awal arahannya menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kesediaan kepala Kanwil Kemenag Aceh, atau yang mewakili untuk menghadiri kegiatan ini.

Sebenarnya kegiatan ini sudah lama direncanakan pelaksanaannya, namum karena waktu dan berbagai kendala lapangan maka baru saat ini bisa terlaksana rencana tersebut, ungkap Zulkifli.

Menurutnya, selain mengikuti kegiatan asesmen hari ini, yang paling penting lagi adalah kita bisa bersilaturrahmi di bulan yang mulia ini, terutama dengan bapak-ibu yang sudah dating dari kanwil kemenag Aceh.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa asesmen merupakan serangkaian kegiatan seleksi yang dilakukan dengan mengumpulkan informasi seseorang guna menentukan layak-tidaknya orang tersebut ditempatkan pada suatu posisi jabatan tertentu.

Zulkifli menjelaskan, pihaknya sudah melakukan beberapa kali kegiatan asesmen. Pertama kali asesmen calon kepala madrasah dilakukan pada 2018 lalu. Berikutnya beberapa bulan lalu juga dilaksanakan asesmen kompetensi guru, kepala madrasah, dan pengawas madrasah (AKG, AKK, dan AKP).

Semua upaya itu di dilakukan pemerintah untuk meningkatnya kualitas pendidikan melalui peningkatan kapasitas pengelola pendidikan itu sendiri, jelas Zulkifli.

Di sisi lain katanya, asesmen tidak hanya menguji kemampuan intelektual seseorang, tetapi juga harus benar-benar mampu dan memiliki kecerdasan secara sosial den emosional.

“Seorang pimpinan atau kepala madrasah harus memiliki kemampuan untuk bersikap, bertindak, dan mengambil keputusan yang tepat pada saat sekarat atau mendadak. Kita berharap hasilnya akan objektif,” pungkas Zulkifli.

Sementara itu, kasi tendik kanwil kemenag Aceh, Maryani MPd dalam arahan teknisnya menyampaikan dasar hukum pelaksanaan asesmen bagi kepala madrasah yang menyaratkan beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh calon kepala madrasaha.

Menurutnya indikator dari setiap kompetensi ini akan diukur terus-menerus secara bertahap dan berkesinambungan. Asesmen ini penting dilaksanakan untuk memetakan kompetensi, dan rekomendasi penempatan suatu jabatan.

Ia juga memotivasi dan menyemangati peserta. “Bapak-ibu jangan takut, kita akan melakukan seleksi secara professional. Kita berharap mampu untuk terus meningkatkan kompetensi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan ke depan,” ungkap Mariani.

Pada kesempatan itu turut hadir pejabat kanwil kemenag Aceh di antaranya, kasi PTK, Zulkifli MPd; kasi tendik, Maryani MPd; kasi kurikulum, Nasruddin MA. Selanjutnya kasubbag Tata Usaha (TU) dan kasi penmad serta pengawas madrasah di lingkungan kankemenag Bireuen.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Peringati Maulid, Pokjaluh Bireuen Gelar Lomba Pidato

Bireuen (Farizal/ Syahrati)— Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW tahun 1443 hijriah/ 2021 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *