Breaking News
Home / Berita / Kakankemenag Bireuen Buka Diseminasi Moderasi Beragama

Kakankemenag Bireuen Buka Diseminasi Moderasi Beragama

Bireuen (Farizal)—Kepala Kankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd membuka secara resmi kegiatan diseminasi moderasi beragama di lingkungan Kankemenag Bireuen. Acara berlangsung Rabu (5/5/2021) di Aula kantor setempat.

Zulkifli dalam arahannya menyampaikan bahwa moderasi beragama dipahami sebagai cara pandang, sikap, dan perilaku yangselalu mengambil posisi seimbang di tengah-tengah, bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam memahami agama.

Moderasi beragama lanjutnya merupakan program pemerintah yang harus dijalankan, dan kemenag menjadi lokomotif utama dalam dalam menggerakkan dan mengaktualisasikan moderasi beragama itu sendiri.

Karenanya, kehadiran bapak-ibu sebagai peserta kegiatan diharapkan dapat berperan aktif selama kegiatan berlangsung, baik secara langsung maupun diskusi secara daring nantinya. Juga harus diawali niat tulus dan ikhlas, pinta Zulkifli.

Kasubbag Tata Usaha (TU), Iskandar SHI menyampaikan bahwa pentingnya penguatan moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa, khususnya bagi para penyuluh yangs elalu berada di tengah-tengah masyarakat.

Penguatan moderasi ini lanjutnya dapat dilakukan melalui tiga strategi yaitu sosialisasi gagasan dan pengetahuan, pelembagaan moderasi dalam program dan kebijakan, dan merumuskan moderasi beragama ke dalam rencana pembangunan, jelas Iskandar.

Kegiatan yang diikuti 30 peserta dari unsur penyuluh PNS dan penyuluh non-PNS di lingkungan Kankemenag Bireuen kali ini merupakan angkatan pertama dari enam angkatan yang direncanakan.

Menghadirkan narasumber dari koramil Gandapura, Kapten Jailani, yang akan menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan. Selain itu ada juga kepala Kankemenag Bireuen, sekaligus sebagai fasilitator moderasi beragama.

Pada kesempatan pembukaan acara secara resmi turut hadir kasubbag Tata Usaha (TU), para kepala seksi dan penyelengara, dan danramil Gandapura.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Kakankemenag Bireuen Buka PDWK Penyuluh

Bireuen (Farizal)—Kepala Kankemenag Bireuen Drs H Zulkifli Idris MPd membuka secara resmi Pelatihan Di Wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *