Breaking News
Home / Berita / Kakankemenag Bireuen; Ramadhan Lahirkan Sikap 3K ASN

Kakankemenag Bireuen; Ramadhan Lahirkan Sikap 3K ASN

Bireuen (Farizal)— Hakikatnya puasa ramadhan yang sudah berlalu beberapa hari ini seyogianya telah melatih/ mendiklatakan kita minimal dalam tiga sikap penting, yaitu kesabaran, kejujuran dan kedisiplinan (3K).

Hal tersebut disampaikan Kepala Kankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd di saat menjadi pembina apel perdana usai ramadah dan Idul Fitri 1442 hijriah, Senin (17/5/2021) di halaman kantor setempat.

Apel perdana tersebut diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Bireuen, para kepala Kantor Urusan Agama (KUA), penyuluh agama Islam, dan pengawas madrasah.

Oleh karena itu, lanjut Zulkifli sikap 3K yang sudah dilatih selama sebulan penuh itu harus mampu diinternalisasikan, dipertahankan dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari pada bulan-bulan berikutnya.

“Jika tidak maka puasa yang sudah kita lalui selama sebulan penuh itu tidak memberikan makna apa-apa, terutama pada perubahan sikap dan perilaku setelahnya,” tegas Zulkifli.

Ia melanjutkan, memasuki bulan syawal 1442 H, diharapkan setiap ASN sudah merubah kebiasaan buruk sebelumnya menjadi kebiasaan-kebiasaan baik sebagaimana sudah didiklatkan selama bulan ramadhan.

Pada kesempatan itu, Zulkifli mengajak ASN untuk terus memaksimalkan danmemantapkan pengetahuan dan pemahamannya terhadap regulasi yang ada melalui membaca, paling tidak menyangkut dengan tupoksi masing-masing.

Ia juga mengingatkan bahwa ASN Kementerian Agama memiliki tugas dan tanggungjawab besar di masyarakat yaitu menyampaikan tentang kerukunan umat beragama dan juga tentang moderasi beragamanya, di manapun kita berada.

Di akhir amanatnya, Zulkifli menyinggung masalah pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM), yang merupakan pilot proyek yang harus dilaksanakan Kankemenag Bireuen mulai tahun ini.

Amatan media ini usai apel pagi, para ASN bersalaman dengan para pejabat dan seluruh peserta apel lainnya, dalam rangka halalbihalal usai lebaran Idul Fitri 1442 H.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan fakta integritas pembangunan ZI menuju WBK-WBBM yang diawali oeh kakankemenag, diikuti kasubbag TU, para kasi dan penyelenggara, kepala KUA, pengawas madrasah dan seluruh ASN.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Peringati Maulid, Pokjaluh Bireuen Gelar Lomba Pidato

Bireuen (Farizal/ Syahrati)— Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW tahun 1443 hijriah/ 2021 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *