Home / Berita / Gandeng BKPRMI, PAI Kecamatan Samalanga Lakukan Penyuluhan Di MAN 1 Bireuen

Gandeng BKPRMI, PAI Kecamatan Samalanga Lakukan Penyuluhan Di MAN 1 Bireuen

Bireuen (Syahrati/ Frz)– Penyuluh Agama Islam (PAI) Kecamatan Samalanga bekerjasama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) kabupaten Bireuen menggelar penyuluhan keagaamaan. Kegiatan yang digelar pada Jum’at, (8/10/2021) berlangsung di MAN 1 Bireuen, di Samalanga dan dihadiri oleh seluruh siswa dan dewan guru madrasah tersebut.

Selain penyuluhan keagamaan, juga digelar zikir dan doa bersama sebagai ikhtiar spiritual melawan covid-19 seraya berharap keselamatan bagi segenap masyarakat di seluruh tanah air. Zikir dan doa bersama dipimpin oleh Tgk Razali Ismail selaku Ketua BKPRMI Kabupaten Bireuen, juga Imam Mesjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen.

Selain PAI, kegiatan penyuluhan menghadirkan juga nara sumber dari BKPMRI Bireuen, yaitu Tgk Bahagia Hadi MPd dan Tgk Muhadhir SHI. Juga hadir Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Samalang, Tgk Zulfitri.

Dalam suluhannya, Zulfitri menyampaikan apresiasi kepada PAI, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun non-PNS atas inisiati hingga terlaksananya kegiatan ini.

“Zikir merupakan cara seorang muslim melakukan pdkt (pendekatan-red) dengan Allah. Zikir dapat pula dijadikan sarana untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah. Zikir akan menguatkan dan menenangkan hati, sehingga pertolongan Allah–pun menjadi lebih dekat,” papar Zulfitri.

Ia menambahkan, PAI merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam melaksanakan penerangan agama Islam di tengah pesatnya dinamika perkembangan masyarakat Indonesia terutama para remaja.

Menurutnya, peran PAI sangat strategis dalam rangka membangun mental, moral, dan nilai ketaqwaan umat serta turut mendorong peningkatan kualitas hidup umat dalam berbagai bidang, baik di bidang keagamaan maupun pembangunan.

Kepala MAN 1 Bireuen, Drs M Gade SPd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada KUA dan PAI serta BKPMRI yang telah menginisiasi dan terlaksananya kegiatan. Ia berharap ke depan akan terus terjalin kerjasama semacam ini.

Sementara itu, Syahrati SHI Msi, selaku penyuluh fungsional kepada media ini menyebutkan bahwa kegiatan penyuluhan ini merupakan agenda bulanan PAI Kecamatan Samalanga dengan mengambil lokasi yang berbeda setiap bulannya baik itu lembaga-lembaga pendidikan maupun lembaga sektor publik lainnya yang terdapat di wilayah Kecamatan Samalanga.

Usai penyampaian materi, acara diakhiri dengan pembacaan doa dan bacaan selawat yang dipimpin oleh Tgk Said Mahyeddin atau lebih akrab disapa Abah Said yang merupakan pimpinan Dayah MUDI Putri.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Bagikan Takjil, DWP Kemenag Bireuen Sebut Berbagi Untuk Solidaritas Umat

Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Bireuen membagikan takjil gratis kepada masyarakat menjelang waktu berbuka. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *