Breaking News
Home / Berita / Jajaran Kepala KUA Bireuen Kunjungi KUA Revitalisasi Panton Reu

Jajaran Kepala KUA Bireuen Kunjungi KUA Revitalisasi Panton Reu

Aceh Barat (Halim Mubary/ Frz)— Jajaran Kankemenag Bireuen yang terdiri dari para kepala Kantor Urusan Agama (KUA) melakukan benchmarking ke KUA Kecamatan Panton Reu Kabupaten Aceh Barat, Jumat (26/8/2022).

Kegiatan telaah lapangan tersebut dipimpin langsung oleh Kasi Bimas Islam, Drs Abdullah untuk melihat langsung capaian keberhasilan KUA Kecamatan Panton Reu sebagai KUA revitalisasi yang ada di Aceh.

Sebelum ke KUA Panton Reu, rombongan terlebih dulu mengunjungi Kankemenag Aceh Barat, yang berjarak sekitar 40 km dari kota Meulaboh. Rombongan disambut oleh Plh Kepala Kankemenag Aceh Barat, Furqan SAg, Kasi Bimas Islam, Drs Jafar dan jajaran staf lainnya.

Abdullah menyampaikan, jajarannya yang terdiri dari kepala KUA Kecamatan yang berada di lingkungan Kankemenag Bireuen melakukan benchmarking ke KUA Kecamatan Panton Reu Kabupaten Aceh Barat, karena KUA ini merupakan salah satu KUA piloting revitalisasi di Provinsi Aceh.

Sepulang dari sini, nantinya jajaran kepala KUA dapat mengambil ilmu dan pengalaman. Pelayanan yang prima dapat terlaksana kelak di KUA yang ada di Bireuen. Apalagi ke depan, Bireuen akan bertambah tiga lagi KUA revitalisasi.

“Selain ke KUA Kecamatan Panton Reu Aceh Barat, setelah ini kami juga mengunjungi KUA Matang Kuli, Aceh Utara dengan menyertakan para operator di lingkungan KUA,” ujar Abdullah.

Maksud dan tujuan lainnya dari benchmarking ke KUA revitalisasi adalah untuk melihat langsung kegiatan, pelaksanaan tupoksi dan perubahan pada KUA revitalisasi, sebagai pilot projek khususnya dalam pelayanan nikah dan manasik haji, jelas Abdullah.

Ia berharap, dengan adanya benchmarking, KUA di lingkungan Kankemenag Bireuen bisa menerapkan kegiatan, pelaksanaan tupoksi dan perubahan pelayanan ke arah yang lebih baik terutama dalam pelayanan nikah dan manasik haji, pengembangan sumber daya manusia dalam menerapkan teknologi informasi di era digitalisasi saat ini.

Plh Kepala Kankemenag Aceh Barat, Furqan, SAg, menyambut baik dan merasa tersanjung atas kunjungan jajaran Kemenag Bireuen. Kunjungan silaturahmi, menjadi ajang share informasi dan dapat menumbuhkan semangat silaturahim yang terjalin diantara kedua belah pihak.

“Semoga kunjungan rombongan Kemenag Bireuen ini dapat memberikan arti penting dan dampak yang positif bagi kami dan jajaran Kemenag Bireuen, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Setelah setengah jam berada di Kankemenag Aceh Barat, rombongan Kankemenag Bireuen dengan didampingi Plh Kankemenag Aceh barat dan Kasi Bimas, mengunjungi KUA Panton Reu. Di sana rombongan diterima oleh kepala KUA Panton Reu, Narjun Ikhsan SAg dan staf.

Kasi Bimas Kankemenag Bireuen menyerahkan plakat kepada Plh Kankemenag Aceh barat dan kepala KUA Panton Reu yang diserahkan oleh Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia Cabang Bireuen, Drs Anwar Nazar.

Kepala KUA Panton Reu mengatakan, setelah ditunjuk sebagai KUA revitalisasi di Aceh, pihaknya diberikan pembekalan berupa bimtek, dan mempersiapkan sarana dan prasarana, seperti satpam, tempat parkir, ruang khusus menyusui ibu, pengadaan printer PLQ, display, dan lainnya.

“Kami juga melaksanakan kegiatan pusaka sakinah, bimbingan perkawinan (bimwin) dan bina remaja usia sekolah, bina usia kawin, dan mengelola keuangan keluarga,” terangnya.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Kankemenag Bireuen Sosialisasi AKMI Tahun 2022

Bireuen (Farizal)— Kankemenag Bireuen melalui seksi pendidikan madrasah, Jumat (2/9/2022) menggelar kegiatan sosialisasi Asesmen Kompetensi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *