Breaking News
Home / Berita / Istbat Nikah 17 Kecamatan di Bireuen Tuntas

Istbat Nikah 17 Kecamatan di Bireuen Tuntas

Bireuen (Halim Mubary/ Frz)— Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Syariat Islam, Kemenag, Mahkamah Syariah dan Dinas Dukcapil telah menuntaskan isbat nikah di Aula Kantor Camat Peusangan, Kamis (1/9/2022).

Secara keseluruhan, istbat nikah dibagi dalam tiga wilayah. Wilayah pertama di aula Kecamatan Jeumpa, kedua di aula serbaguna Kecamatan Jeunieb, dan terakhir di aula Kantor Camat Peusangan.

Berdasarkan data yang di terima dari panitia histbat nikah, Muhammad Adam, ada sejumlah peserta isbat yang gugur dan ditolak karena peserta tidak hadir, atau ketiadaan saksi nikah.

“Selain itu ada juga yang mencabut berkasnya karena alasan tertenttu, sehingga mereka dinyatakan gugur mengikuti isbat dan tidak bisa memperoleh buku nikah,” terang Muhammad Adam yang juga Kepala KUA Kecamatan Juli.

Dirincikan Adam, sebelumnya isbat dilaksanakan di Aula Kecamatan Jeumpa dengan 113 peserta yang berasal dari empat Kecamatan, antara lain Kecamatan Juli, Jeumpa, Kota Juang dan Kuala. Setelah diferivikasi, ada yang di tolak 11 pasangan, gugur 10 pasangan, cabut satu pasangan, dan tidak hadir delapan pasangan.

Kemudian wilayah dua di Gedung Serbaguna Kecamatan Jeunieb ada 120 peserta hisbat nikah terdiri dari enam Kecamatan, Kecamatan Peudada, Simpang Mamplam, Jeunieb, Peulimbang, Pandrah, Samalanga, namun yang lulus sidang istbat nikah 104 orang pasangan di tolak tujuh pasangan, gugur lima pasangan, dan tidak hadir empat pasangan.

Sementara di Wilayah ketiga yaitu di Aula Kantor Camat Peusanga ada 117 pasangan yang berasal dari tujuh Kecamatan, Kecamatan Jangka, Peusangan, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng, Kuta Blang, Makmur, dan Gandapura. Namun ada enam kecamatan lain yang telat mendaftar yaitu Kecamatan Juli, Kota Juang, Jeunieb, Peulimbang, Kuala, dan Jeumpa.

Kepala Dinas Syariat Islam Anwar, SAg MAP mengatakan, untuk menghindari menjamurnya pernikahan siri, maka pihak Dinas Syariat Islam akan melakukan sosialisasi kepada setiap masyarakat yang ada di Kecamatan agar tidak lagi melakukan nikah siri.

“Bagi Perseta isbat yang sudah mendaftar dan belum bisa melaksanakan sidang isbat saat ini, bisa langsung ke Kantor Makamah Syar’iyah dengan melengkapi syarat untuk mengikuti sidang istbat nikah,” imbau Anwar.

Anwar menambahkan, di Makamah Syar’iyah setiap tahun ada di buka prona (pemutihan) untuk warga miskin. Namun bagi masyarakat umum, harus mengikuti aturan yang berlaku dengan membayar sidang perkara baru mendapatkan nomor persidangan dengan menunggu batas waktu 14 hari kerja, baru dilanjutkan ke persidangan.

“Tahun 2022 pemerintah memplot aggaran Rp 500 juta melalui Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen, dan mampu melakukan istbat nikah sebanyak 350 peusangan dengan rincian biaya per pasangan di perkirakan mencapai satu juta, dengan rincian biaya per pasangan istbat nikah yang harus di setor ke Makamah Syar’iyah untuk biaya sidang sebesar Rp 381.000, uang saku pasangan Rp 200.000 dan untuk dua orang saksi Rp 200.000. Selebihnya untuk keperluan ATK, snack, makan siang dan honor panitia pelaksana,” rincinya.

Sementara Kepala Kankemenag Bireuen, Dr Muhammad Amin SAg MA, menyebutkan, dengan adanya istbat nikah gratis ini paling tidak bisa meringankan beban mereka yang tidak mampu.

“Mereka tidak harus mengeluarkan uang dari saku sendiri dan buku nikah serta akta lahir anak bisa diperoleh secara gratis,” kata Muhammad Amin.

Sementara itu Ketua Makamah Syar’iyah Bireuen, M Syauqi MH, mengatakan untuk dinyakan sah tidaknnya dalam persidangan istbat nikah, harus menyertakan saksi yang benar dan saksi akan disumpah.

“Ada tiga ketentuan bagi saksi dan dinyatakan sah dalam persidangan. Pertama mengetahui kalau pasangan suami istri sudah menikah, kedua hadir pada waktu pernikahan, dan selanjutnya tahu kalau pernikahan itu sah,”ungkap Syauqi.

Geuchik Pante Ranub Kecamatan Jangka, Jamaluddin, merasa senang warganya bisa mendapatkan buku nikah secara gratis dan dokumen kependudukan lainnya yang diakui negara. Sehingga warganya bisa menhurus administrasi yang dibutuhkan.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Kankemenag Bireuen Sosialisasi AKMI Tahun 2022

Bireuen (Farizal)— Kankemenag Bireuen melalui seksi pendidikan madrasah, Jumat (2/9/2022) menggelar kegiatan sosialisasi Asesmen Kompetensi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *