Breaking News
Home / Berita / Kankemenag Bireuen Sosialisasi AKMI Tahun 2022

Kankemenag Bireuen Sosialisasi AKMI Tahun 2022

Bireuen (Farizal)— Kankemenag Bireuen melalui seksi pendidikan madrasah, Jumat (2/9/2022) menggelar kegiatan sosialisasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tingkat kabupaten tahun 2022 di lingkungan Kankemenag Bireuen.

Turut hadir pada acara tersebut, kepala Kankemenag Bireuen, Dr Muhammad Amin SAg MA yang diwakili kasubbag Tata Usaha (TU), Iskandar SHI, kasi pendidikan madrasah,Anis SAg dan 37 kepala madrasah serta operator.

Kepala Kankemenag Bireuen, dalam sambutannya yang disampaikan kasubbag TU Iskandar SHI mengatakan AKMI merupakan bagian dari evaluasi yang dilakukan Kementerian Agama untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam hal literasi membaca, numerasi, sains, dan sosial budaya.

Berdasarkan evaluasi tersebut lanjut Iskandar diharapkan menghasilkan informasi penting dalam rangka perbaikan proses dan kualitas pembelajaran di madrasah-madrasah.

Menurutnya, literasi budaya adalah penyebab utama yang mengharuskan adanya program seperti AKMI ini. Meskipun sebelumnya ada Asesmen Nasional Berbasis Kompetensi (ANBK), namun belum memuat literasi ini, katanya.

Karena itu keberadaan AKMI hendaknya menjadi alat sekaligus media untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas proses dan produk pendidikan ke arah yang lebih baik lagi.

“Setiap pelaksana harus memahami dan terus memperdalam pemahamannya terkait dasar hukum yang melatarbelakangi dan mendasari kegiatan ini, termasuk kegiatan-kegiatan lainnya,” pinta Iskandar..

Pihaknya berharap adanya kerjasama, kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja tuntas serta saling sinergi antara kepala madrasah dan semua pihak terkait dalam rangka menyukseskan kegiatan AKMI ini.

“Mari kita tingkatkan kualitas mutu dan proses pendidikan sehingga kita terus maju. Karena itu diperlukan kiprah, kerjasama dan saling bersinergi dalam bertugas,” pungkas Iskandar.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Istbat Nikah 17 Kecamatan di Bireuen Tuntas

Bireuen (Halim Mubary/ Frz)— Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Syariat Islam, Kemenag, Mahkamah Syariah dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *