Home / Berita / Penyuluh PAI di Bireuen Ikut Pemetaan Wawasan Kebangsaan

Penyuluh PAI di Bireuen Ikut Pemetaan Wawasan Kebangsaan

Bireuen (Farizal)— Penyuluh Agama Islam (PAI) di lingkungan Kankemenag Bireuen, mengikuti kegiatan pemetaan wawasan kebangasaan dan pemahaman keagamaan bagi PAI yang diselenggarakan secara nasional dan dalam waktu bersamaan.

Kegiatan yang berlangsung secara online pada Senin (1/1/2022) pagi di aula kantor setempat diikuti 154 peserta yang terdiri dari 18 PAI Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 136 PAI non-PNS.

Amatan media ini, kegiatan dimulai dengan arahan dan pembukaan secara resmi oleh Kepala Kankemenag Bireuen, Dr Muhammad Amin SAg MA. Turut hadir saat pembukaan kasubbag Tata Usaha (TU), Iskandar SHI, kasi Bimas Islam, Drs Abdullah, dan ketua pokjaluh, Drs Muzakkir.

Muhammad Amin dalam arahannya menyampaikan bahwa pemetaan wawasan kebangasaan dan pemahaman keagamaan bagi PAI merupakan priorotas utama kemenag dalam rangka revolusi mental dan pembinaan ideology Pancasila serta penguatan moderasi beragama.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyusun peta wawasan kebangsaan para PAI, sebagai bahan perumusan kebijakan pengembangan program layanan yang sesuai dengan kebutuhan nantinya, kata Muhammad Amin.

Menurutnya, para penyuluh memainkan peran dan fungsi penting dalam upaya membangun dan memperkuat kehidupan berbangsa yang rukun, damai dan toleran, melalui bimbingan dan penyuluhan kebijakan pemerintah melalui pendekatan agama.

Muhammad Amin menambahkan bahwa munculnya radikalisme dan beragam aliran sesat di tengah masyarakat membutuhkan penanganan serius semua pihak, lebih-lebih seorang penyuluh agama.

“Jangan pernah ada keinginan untuk berbuat radikal atau, merongrong kewibawaan negara. Kita penyuluh harus pandai memformatkan diri sehingga mampu menjadi suluh bagi masyarakat. Bukannya terjebak dalam paham tersebut,” pesan Muhammad Amin.

Karena itu Ia berharap PAI mampu menjalankan fungsinya secara maksimal di tengah-tengah masyarkat seperti fungsi edukatif, informatif, konsultatif, advokatif, dan administratif.

Usai pembukaan kegaiatan secara resmi, seluruh peserta mengikuti kegiatan pemetaan dengan menjawab sejumlah pertanyaan yang disajikan melalui link yang telah disiapkan secara nasional oleh panitia pusat, menggunakan perangkat smartphone atau laptop.

Adapun peserta daerah lain yang pelaksanaannya pada sesi pertama pukul 09.00-10.00 WIB, serantak dengan Provinsi Aceh adalah Bengkulu, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah.

Sementara pada sesi kedua, pukul 13.00-14.00 WIB dikuti PAI provinsi DI Yogyakarta, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Bali, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, NTT, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Kepala Kantor Kemenag Bireuen Hadiri Buka Puasa Bersama Guru MIN 50 Bireuen

Kepala kantor Kemenag Bireuen Akly SAg MH menghadiri undangan buka puasa bersama guru MIN 50 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *